Cemilan dan Oleh-oleh khas Bangka Belitung

Wisata Kuliner - Setelah berwisata ke pantai-pantai yang indah mempesona dan mencicipi aneka kuliner lezat khas Bangka Belitung, kurang afdol rasanya jika para wisatawan pulang tanpa membawa oleh-oleh. Berikut ini cemilan dan oleh-oleh khas Bangka Belitung yang cocok dibawa pulang oleh para wisatawan. Simak ulasan dibawah ini.

1. Bong Li Piang
Meski namanya terdengar seperti nama makanan Tiongkok, namun Bong Li Piang benar-benar makanan asli dari Bangka Belitung. Kue ini tercipta karena perpaduan budaya pribumi dan suku Hakka dari Tiongkok yang berimigrasi dari negeri asalnya. Kue ini terbuat dari tepung terigu. santan dan gula aren . Lalu di dalamnya diisi dengan selai nenas. Perpaduan bahan-bahan tersebut menjadikan Bong Li Piang terasa asam manis namun gurih. Kue yang sekilas mirip Dorayaki Doraemon ini cocok dinikmati saat pagi dan sore hari.

Bong Li Piang

2. Kericu
Kericu merupakan kerupuk khas Bangka Belitung yang terbuat dari telur cumi-cumi dan sagu. Selain terkenal renyah dan gurih, kericu juga memiliki nilai gizi yang tinggi. Produksi Kericu hampir di setiap daerah di Provinsi Bangka Belitung, seperti di Pangkalpinang, Sungailiat dan Belinyu dengan pengolahan yang masih tergolong home industry. Per kilogram-nya di patok sekitar Rp. 100.000. Harga tersebut dirasa sesuai dengan kelezatan cemilan khas Bangka Belitung ini.

Kericu

3. Getas

Getas atau keretek merupakan kerupuk yang berasal dari olahan ikan tenggiri. Bentuknya silinder panjang, namun ada juga yang berbentuk bulat. Cemilan yang gurih ini bisa dimakan bersama nasi, atau dijadikan pelengkap makanan berkuah, misalnya mie atau soto. Harga yang dipatok pun beragam, yaitu berkisar antara Rp. 60.000 sampai Rp. 100.000 perkilogram. Getas banyak dijajajakan di toko-toko di Bangka Belitung dan sangat cocok dijadikan oleh-oleh.

Getas

4. Lempok
Lempok adalah dodol yang terbuat dari daging buah cempedak. Makanan khas Bangka Belitung ini mempunyai tekstrur yang kenyal dengan rasanya yang manis dan legit. Wangi cempedak yang menggoda membuat siapa saja ingin segera mencicipinya. Lempok cempedak banyak dijual di toko-toko yang menjajakan oleh-oleh khas Bangka Belitung. Biasanya harga lempok berkisaran antara Rp. 80.000 hingga Rp. 150.000 perkilogramnya. Makanan satu ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Lempok

5. Sambalingkung
Sambalingkung merupakan abon yang terbuat dari daging ikan tenggiri. Di daerah lain, sambalingkung dikenal dengan sebutan serutan abon ikan. Tidak seperti abon daging yang berbentuk serutan halus panjang, sambalingkung berbentuk serabut pendek-pendek bertekstur kasar mirip parutan kelapa. Karena rasanya yang tak biasa, sambalingkung dijual dengan harga yang lumayan mahal. Sekitar Rp 240.000 perkilogram atau Rp. 60.000 per 250 gram.

Sambalingkung

Itulah aneka cemilan sekaligus oleh-oleh dengan rasa gurih dan enak khas Bangka Belitung. Cemilan-cemilan diatas sangat tepat dibawa pulang bagi anda yang mengunjungi provinsi ini. Jangan lewatkan kelezatan cemilan khas Provinsi Laskar Pelangi ini ya!


Baca juga:
Jelajah Kuliner Enak di Bangka Belitung


Comments
1 Comments

1 komentar:

  1. boleh juga ni cemilannya,,,belum pernah coba juga,,,tapi kalau mesti ke bangka dulu jauh bener

    BalasHapus

Back to top