Faktor Penyebab Terjadinya Perang Dunia II

Terjadinya Perang Dunia II dilatarbelakangi oleh beberapa peristiwa. Diantara peristiwa peristiwa tersebut terdapat penyebab umum dan penyebab khusus. Berikut faktor-faktor penyebab tersebut.

Sebab Umum Terjadinya Perang Dunia II

Fasisme sebagai salah satu lambang kediktatoran sebenarnya telah muncul jauh sebelum abad ke-20. Faham tersebut semakin berkembang dan menjadi ideology sebuah Negara. Kemunculan Negara-negara berhaluan fasisme itulah yang disinyalir menjadi penyebab utama Perang Dunia II. Alasannya, fasis merupakan lawan demokrasi dan mengakibatkan munculnya pertentangan ideology antarnegara. Akibatnya, perlombaan persenjataan pun tidak bisa dihindari. Selain itu, gagalnya LBB(Liga Bangsa-Bangsa) mewujudkan tugas perdamaian dan keamanan dunia dianggap sebagai sebab umum terjadinya Perang Dunia II.
Faktor Penyebab Terjadinya Perang Dunia ke 2
1. Lahirnya Negara-Negara Fasis

Kemunculan tokoh tokoh politik baru di Eropa dan ditempat tempat lain telah membuat stabilitas dunia goyah. Keamanan dan kedaulatan suatu Negara mulai terancam dengan adanya gejala ultranasionalime (rasa kebangsaan yang berlebihan) dinegara Negara yang menjalankan fasisme.
Fasisme merupakan paham golonagn nasionalis ekstrem yang menganjurkan dijalankannya kekuasaan pemerintahan otoriter. Fasisme mengutamakan kepentingan Negara diatas segala  galanya. Dengan sistem kekuasaan otoriter pemerinatah menjadikan warba negara sebagai tujuan politik. Rakyat harus mengorbankan segal galanya demi Negara. Rakyat tidak boleh mengeluarkan pendapat yang bertentangan dengan penguasa karena setiap penentang akan ditindasnya. Selain itu, Negara Negara yang berpaham fasis selalu bertindak ekspansif yang membahayakan perdamaian dunia. Negara Negara yang berpaham fasis, yaitu Italia, Jerman, dan Jepang. 

a. Fasis Italia 
Kepimpinanan fasis di Italia dikenalkan oleh Benito Musolini. Pada tahun 1919 Mussolini mendirikan partai yang bernama Fascio di Combattiment dikota Milan. Mussolini ingin menjadikan Italia sebagai pewaris kejayaan Romawi. Ia sangat berambisi menguasai negeri negeri lain yang dahulu menjadi bagian dari Kekasairan Romawi. Demi mewujudkan ambisininya itu, Mussolini anara lain berupaya menyatukan daerah daerah yang berbahasa Italia, seperti Malta, Corsica, Nice, Savoye, dan Tirol. Selatan dengan semangat Italia Irridenta (Italia yang belum dibebaskan). Selain itu, Mussolini juga memperkuat angkatan perang melalui jalinan kerja sama militer dengan jerman.

b. Fasis Jerman
Pemimpin fasisme Jerman ialah Adolf Hitler. Iya mendirikan partai National Sozialistische Deuitsche Arbeiter Partei (NSDAP) yang lebih dikenal dengan nama Nazi pada tahun 1921. Ia pun membentuk tentara pribadi yang dinamakan Schutz Staffeln (S.S.) atau Pasukan Penjaga. Dalam bukunya yang diberi judul Mein Kampf (Perjuangan Saya), Hilter mengumandangkan keagungan bangsa Jerman sebagai ras yang unggul. Menurut Hilter, ras Aria telah diciptakan untuk memimpin dunia. Karena itu, kejayaan Jerman seperti sebelum pecahnya Perang Dunia I menjadi impiannya. Hilter kemudian membangun armada angkatan perang yang kuat dan berusaha menguasai Negara Negara didunia.

c. Fasis Jepang
Pada masa kepimpinan Kaisar Hirohito, Jepang mulai tampil sebagai Negara industry yang maju. Negara ini menghadapi kendala kurangnya bahan buku dan daerah pemasaran hasil industry. Untuk mengatasinya, Jepang melancarkan politik ekspansi kenegara Negara dikawasan Asia Pasifik. Sebagai langkah awal, Jepang memodernisasi angkatan perang dan berusaha meluaskan kekuasaan ke Negara Negara terketa, seperti Korea, Manchuria, dan China.

2. Timbulnya Pertentangan Ideologi Antarnegara

Sesudah Perang Dunia I, muncul tiga kelompok Negara yang saling bertentangan paham atau ideologinya, yaitu sebagai berikut.
a. Negara Negara totaliter kanan yang berpaham fasis, yaitu Jerman, Italia, dan Jepang.
b. Negara totaliter kiri yang berpaham komunis yakni Uni Soviet (sekarang Rusia).
c. Negara Negara demokrasi berpaham liberalis, seperti Perancis, Inggris, dan Amerika Serikat.

3. Perlombaan Persenjataan Antarnegara

Negara Negara yag berbeda ideology seperti fasis, komunis, dan liberalis bersaing memperebutkan hegemoni dunia. Persaingan segitiga tersebut telah menyebabkan masing masing kelompok berlomba lomba mempersenjatai diri.Inggris menciptakan armada udara Royal Air Forcedan Jerman membut kapal tempur Bismarck dengan peluru kendali Vergeltung(Pembalasan).Jepang membangun armada laut dan telah memiliki kapal tempur terbesar didunia yang dinamai Yamato dan Musashi.

4. LBB Gagal Menwujudkan Tugas Perdamaian dan Keamanan Dunia

LBB merupakanorganisasi dunia yang diharapkan mampu menjaga perdamaian dan keamanan dunia. Namun, LBB  ternyaa tidak memiliki kekuatan untuk mencegah tindakan Negara Negara fasis yang melakukan ekspansi kenegara lain. Gagalnya upaya LBB telah menyebabkan organisasi dunia tersebut tidak memiliki wibawa dimata dunia internasional.

Sebab Khusus Terjadinya Perang Dunia II

Sebab khusus timbulnya Perang Dunia II adalah sebagai berikut.

  1. Serbuan Jerman ke Polandia pada 1 September 1939 merupakan penyebab terjadinya Perang Dunia II di Eropa. Serangan tersebut dilakukan dengan dalih mengembalikan Kota Danzig di Polandia yang sebagian besar penduduknya berbangsa Jerman.
  2. Serbuan Jepang atas pangkalan armada laut Amerika Serikat di Pearl Harbour pada 7 Desember 1941 menyebabkan pecahnya Perang Dunia II di Asia-Pasifik. Serangan ini dilakukan sesuai dengan rencana Jepang untuk memperoleh kemenangan dan kekuasaan di Asia Timur Raya.
Baca Juga :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top